Mengenal Jobdesk Digital Marketing

Mengenal jobdesk digital marketing sangat penting di jaman serba internet seperti sekarang.

Saat ini untuk memasarkan sebuah produk, tidak perlu lagi melakukan promosi door to door. Bahkan ketika bertransaksi pun, penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung. Dunia maya telah menjadi pasar dengan jangkauan terluas. 

Baca juga: Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Profesional

Apa saja jobdesk digital marketing

Istilah digital marketing atau marketer familiar seiring maraknya jual beli berbasis internet. Sebagai perwakilan perusahaan yang bertugas mengenalkan kelebihannya, seorang marketer harus mempunyai keahlian produk knowledge atau pengetahuan tentang produk yang cukup. Untuk mengenal jobdesk digital marketing, berikut tugasnya:

1. Strategi digital

Seorang digital marketing harus mampu menguasai pasar melalui dunia maya, mendefinisikan kemudian mengatur strategi untuk memenangkan pasar.

Selain itu, tugasnya adalah membuat konsep campaign digital marketing sehingga produknya tetap mendapat hati pembeli.

2. Spesialisasi sosial media

Sosial media merupakan pasar aneka produk yang tidak pernah sepi pembeli. Dengan optimalisasi medsos, maka peluang mendapat keuntungan semakin besar.

Seorang digital marketing harus luwes. Keberadaannya dapat meningkatkan rasa terikat antara pelanggan atau konsumen dengan produk.

Baca juga: Tips Kelola Tim Kerja Remote

3. Affiliate marketing

Seorang affiliate marketing bertugas untuk memasarkan produk dan sebagai imbalan akan mendapat fee sesuai ketentuan. Dalam dunia modern seperti sekarang, peluang kerja jenis ini sangat besar. Sebagai contoh dalam kerja sama endorsement.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Dengan job ini, seorang digital marketing mempunyai tugas untuk membuat website yang memuat produknya mudah dikunjungi. Caranya adalah dengan membuat konten yang berpotensi muncul di halaman utama Google sehingga banyak yang mengakses.

Baca juga: Ciri-ciri Bos Sensi dengan Karyawan 

5. Content Marketing

Seorang digital marketing harus pandai membuat konten yang menarik. Tujuannya adalah mengundang visitor untuk mengunjungi website, melihat produk dan kemudian closing.

Konten tersebut harus mengandung informasi mengenai produk yang dijual. Dengan demikian, calon pembeli yakin dan memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Mengenal jobdesk digital marketing sangat penting untuk dapat memasarkan produk dengan teknik yang benar. Goal atau target akhirnya adalah meningkatkan penjualan sehingga keuntungan perusahaan juga semakin tinggi.

Sedangkan pekerjaan seorang digital marketing membutuhkan strategi dan bekal ilmu yang cukup. Namun demikian, siapa saja bisa mempelajarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.