Cara Menolak Tawaran Kerja yang Tidak Sesuai secara Profesional

Pernah bingung, bagaimana cara menolak tawaran kerja yang tidak sesuai secara profesional? Memang ada ya?

Tak dimungkiri jika mendapat panggilan untuk join di perusahaan ternama, pasti menjadi kebanggaan tersendiri.

Namun dengan memperhatikan beberapa pertimbangan, bisa saja Anda tidak menerimanya.

Cara profesional menolak tawaran kerja yang tidak sesuai harus dilakukan untuk menjaga reputasi. Jangan salah, meski sekarang kurang tertarik, bisa jadi suatu saat Anda membutuhkan job itu dan masih mendapat kesempatan bergabung di perusahaan tersebut.

Baca juga: Tips Kelola Tim Kerja Remote

Bagaimana cara profesional menolak tawaran kerja yang tidak sesuai?

Ketika menolak sebuah tawaran kerja, Anda harus melakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Salah dalam menyampaikannya dapat berakibat fatal. Bisa saja tim HRD menganggap Anda sombong dan kurang sopan. Agar tetap berkesan baik dan elegan, berikut cara menolaknya

1. Awali dengan ucapan terima kasih

Meski terkesan sepele, ucapan terima kasih bahwa perusahaan telah memberi kesempatan untuk bergabung adalah sebuah penghormatan.

Hal ini juga dapat menunjukkan Anda mempunyai attitude yang baik. Lanjutkan dengan menyampaikan, sayangnya Anda belum bisa join karena beberapa pertimbangan.

2. Jangan menunda untuk menyampaikannya

Sebelum memutuskan untuk memilih Anda dari sekian kandidat, tim HRD sudah melakukan proses panjang. Mereka tidak mau membuang waktu lebih lama hanya untuk mendengar sebuah penolakan.

Meski demikian, sebaiknya jangan lakukan langsung seketika saat mereka mengundang untuk join. Hubungi balik beberapa saat setelahnya.

Jeda waktu ini merupakan kesempatan terakhir Anda untuk mempertimbangkan tawaran dari perusahaan tersebut.

Baca juga: Ciri-ciri Bos Sensi dengan Karyawannya 

3. Beri alasan yang masuk akal

Anda tentu mempunyai alasan sendiri sehingga menolak sebuah penawaran. Sampaikan alasan tersebut secara jelas. Pilihlan kata-kata yang tepat sehingga tidak menyinggung dan terkesan menjatuhkan perusahaan yang mengundang untuk bergabung.

4. Sampaikan bahwa mungkin lain kali, Anda akan berkesempatan untuk join

Bisa jadi ini terkesan hanya sekedar basa-basi namun penting Anda lakukan. Sampaikan bahwa mungkin lain waktu berkesempatan untuk join.

Tidak ada yang tahu apakah pilihan untuk menolak saat ini merupakan tindakan yang tepat. Dapat saja suatu saat Anda berubah pikiran dan akhirnya bergabung dengan perusahaan tersebut.

Dengan cara profesional menolak tawaran kerja yang tidak sesuai, maka hubungan Anda dan perusahaan tersebut akan tetap baik. Hal ini penting untuk tetap menunjukkan bahwa Anda memang salah satu kandidat terbaik.

Tinggalkan komentar

Do not miss this experience!

Ask us any questions