4 Tips Kelola Tim Kerja Remote

Bagaimana tips kelola tim kerja remote? Mungkinkah bisa handle pekerjaan sesuai keinginan?

Ingat! Teknologi memudahkan semua hal. Jika dulu untuk mengelola sebuah tim harus bertatap muka setiap hari, sekarang tidak lagi.

Meski job dikerjakan oleh banyak SDM, namun sangat mungkin mereka bekerja dari wilayah yang berbeda.

Ternyata sistem ini tetap dapat membuat semua produktif dan berkontribusi positif pada perusahaan. Kuncinya terletak pada tips Kelola tim kerja remote yang tepat.

Baca juga: Ciri-ciri Bos Sensi dengan Karyawan

Bagaimana mengelola tim kerja secara remote yang tepat?

Selama work from home, seorang karyawan tetap harus menyelesaikan semua tanggung jawabnya. Jika anggapan bekerja dari rumah sangat mungkin terganggu oleh kesibukan lain, ternyata tidak selalu benar.

Tips Kelola tim kerja remote oleh leader tetap mampu mengarahkan untuk produktif, bahkan bisa jauh lebih bagus dibanding saat bekerja di kantor.

1. Tetapkan target dan deadline

Sebagai leader, kamu harus tetap memberikan target job yang harus diselesaikan oleh masing-masing anggota tim.

Buatlah deadline yang jelas dan waktu masuk akal untuk menyelesaikannya. Jangan memaksa menyelesaikan pekerjaan secara mendadak.

2. Jaga hubungan personal dengan lebih baik

Seorang karyawan tidak akan dapat bekerja dengan baik jika suasana hati kurang nyaman. Menjaga hubungan baik, sesekali say hello di luar menanyakan progress job sangat membantunya untuk dapat menjaga mood dalam bekerja.

Baca juga: Tips Cerdas Mengembangkan Karir 

3. Beri kebebasan tim untuk memilih waktu yang paling nyaman menyelesaikan job

Ketika bekerja dari rumah, mau tidak mau dalam jam kerja, seorang karyawan juga menjalankan peran lain, yaitu bagian dari keluarga.

Maka, sebagai leader kamu bisa beri kebebasan waktu, tentu dengan batasan, untuk menyelesaikan pekerjaannya. Bekerja dengan tenang justru akan membuatnya produktif dan memberikan hasil maksimal

4. Tetapkan waktu untuk berkomunikasi bersama

Agar tim tidak “lepas arah”, jadwalkan untuk meeting bersama menggunakan media yang paling nyaman. Sebaiknya gunakan media visual, bukan hanya audio.

Dengan berinteraksi langsung selama berkomunikasi, akan membuat tim tetap dalam ikatan batin yang kuat. Sebagai leader, jangan lupa untuk menyampaikan bahwa kamu ada dan siap membantu tim kapan saja.

Meski terlihat lebih santai, namun dengan tips Kelola tim kerja remote ternyata dapat menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Dengan arahan yang jelas, semua karyawan juga tetap dapat bekerja secara nyaman dan profesional.

 

 

 

Tinggalkan komentar

Do not miss this experience!

Ask us any questions