Manfaat Magang untuk Mahasiswa, Agar CV Kamu Dilirik Perusahaan

Magang menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa dari dunia perkuliahan. Namun belum banyak yang menyadari manfaat magang untuk mahasiswa yang ternyata sangat membantu aktualisasi diri.

Faktanya, proses magang atau internship telah banyak memberikan pengalaman positif bagi para penggiat akademisi ini.

Baca juga: Mengenali Tipe Pewawancara Kerja  Agar Lolos Seleksi 

Manfaat Magang Yang Bisa Menambah Kualitas Diri

Walaupun banyak mahasiswa yang terkadang malas mengikuti proses internship ini. Namun ada banyak nilai positif yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini.

Yuk, simak apa saja keunggulan magang untuk mahasiswa!

1. Mengajarkan Praktek Sosialisasi

Bukan hal yang baru jika orang awam acapkali menganggap bahwa mahasiswa itu egois, autis dan tidak peka terhadap lingkungan.

Hal ini bukan tanpa bukti, karena banyak mahasiswa yang acuh tak acuh pada lingkungan sekitar.

Mungkin hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan, sehingga hampir seluruh waktunya dihabiskan mengerjakan tugas-tugas negara tersebut.

Namun dengan adanya magang, aktivitas ini mau tak mau membuat mahasiswa harus berinteraksi dengan lingkungan, setidaknya lingkungan dimana dia harus mengikuti magang tersebut.

Mahasiswa wajib mengenal orang-orang yang terlibat, mereka harus dapat beradaptasi dengan berbagai karakter dan situasi yang melibatkan intuisi sebagai mahluk social terasah.

2. Self-Valuable

Kegiatan magang juga sangat berefek positif bagi mahasiswa. Mereka bisa meningkatkan kualitas diri dengan menimba ilmu dan pengalaman di lapangan yang jarang mereka temui di bangku kuliah.

Manfaat magang untuk mahasiswa ternyata memberikan pengalaman berharga. Pastinya  mereka dapatkan dengan memahami proses kerja yang jauh lebih njelimet dan kompleks, yang terkadang tidak bisa mereka pahami dengan cukup belajar teori di kelas.

Baca juga: Tips Cerdas Mengembangkan Karir

3. Menambah Relasi Profesional

Dalam lingkungan kampus, biasanya mahasiswa hanya mengenal teman kuliah, dosen pembimbing, dekan dan staff di bagian administrasi, magang memberikan mereka kesempatan untuk mengenal orang-orang profesional yang bergerak di bidang tertentu.

Tentu saja dengan menambah relasi sangat mudah untuk mengembangkan network di kemudian hari asalkan mahasiswa mampu menjaga hubungan baik dan tetap mengikuti kemajuan ilmu yang ada.

4. Nilai Plus Untuk CV

Banyak perusahaan yang meminta pekerjanya memiliki pengalaman dalm industri tertentu, namun mahasiswa anyar yang masih fresh graduate tidak perlu berkecil hati, mereka sangat bisa dan boleh menambahkan pengalaman magangnya dalam CV untuk proses melamar kerja.

Manfaat magang untuk mahasiswa sangat beragam, namun membutuhkan kejelian dan sifat pro aktif mahasiswa tersebut untuk mengambil nilai positif dari proses internship.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.