Simak Beginilah 6 Cara Membangun Tim Kerja yang Sehat dan Nyaman

Team work atau tim kerja sangat penting dalam menjalankan pekerjaan di kantor. Lantas, bagaimana cara membangun tim kerja?

Tidak semua perusahaan berhasil dalam hal ini. Sedang perannya sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tujuan pembentukan tim kerja yang sehat adalah agar semua pihak memahami arahan dan mempunyai komitmen sama untuk mencapainya.

Hal ini harus dilakukan mengingat sebagai individu semua mempunyai kepentingan pribadi selain tujuan perusahaan. Team work yang sudah terbangun dapat mensinergikan semua kepentingan.

Cara Membangun Tim Kerja

Untuk membangun tim kerja yang andal sebenarnya cukup mudah. Salah satu poin penentu adalah masing-masing yang terlibat harus mempunyai visi dan misi sama.

Dengan demikian bisa menjalankan tahap-tahap kerja secara lebih teratur dan penuh kesadaran.

Manfaat kerjasama tim sangat banyak. Job yang berat akan terasa ringan. Jika satu orang berhalangan, maka proses tetap dapat jalan karena anggota yang lain siap handle demi tujuan bersama.

Contoh tim kerja yang efektif adalah dalam satu unit dimana seorang karyawan mampu mengerjakan job yang lain sesuai standar kerja.

Dengan demikian, dalam keadaan urgent karena karyawan bagian tersebut berhalangan misalnya, operasional kantor tetap bisa berjalan lancar.

Anggota tim lain akan siap support tanpa meninggalkan fungsi utama. Sedangkan ketidakhadiran satu anggota bukan penyebab layanan atau jalannya proyek terganggu.

Semua saling mendukung untuk mencapai tujuan, visi dan misi perusahaan. Tahapan membangun tim efektif adalah:

1. Memastikan proses komunikasi berjalan lancar

Komunikasi merupakan hal penting dalam membangun sebuah tim kerja yang handal. Tanpa komunikasi, maka tujuan, hambatan dan kendala yang dihadapi tidak dapat disampaikan secara efektif.

Akibatnya akan terjadi miss communication yang menyebabkan teamwork tidak dapat terbentuk dan berakibat fatal. Karena itu perlu menemukan cara komunikasi yang paling tepat dan efektif.

Baca juga: Cara Menolak Tawaran Kerja yang Tidak Sesuai secara Profesional

2. Menghargai satu sama lain

Komitmen untuk kerja sama dan menghargai semua anggota tim sangat penting. Tanpa rasa saling menghargai, anggota tim tidak dapat bekerja dengan baik. Pada prinsipnya masing-masing mempunyai peran sama dalam mencapai keberhasilan suatu tujuan, visi dan misi bersama.

3. Memberi apresiasi

Apresiasi atau suatu penghargaan bukan tergantung dari nilai secara nominal. Namun, sebuah perhatian yang dapat meningkatkan semangat.

Karena itu, sekecil apapun akan berharga bagi penerimanya. Bentuknya tidak selalu harus berupa benda. Ucapan terima kasih, selamat, dan kata-kata lain sudah cukup membuat senang penerimanya.

Ini merupakan bentuk penghargaan terhadap kontribusi anggota tim dalam mencapai atau menyelesaikan pekerjaan.

4. Menentukan tujuan tim

Tujuan dari tim secara tidak langsung akan memberi pengarahan kepada anggota apa saja yang perlu dilakukan.

Dengan demikian, semua mempunyai semangat bekerja dalam organisasi tersebut. Setiap anggota harus paham, apa goal bersama. Ini bisa memunculkan berbagai ide kreatif yang membangun kekuatan tim. Menyusun peraturan tim.

Peraturan merupakan rambu-rambu bersama yang harus disusun, pahami, dan jalankan semua anggota tim.

Namun, dalam beberapa organisasi, termasuk perusahaan ada hirarki jabatan yang menyebabkan seseorang mungkin hanya mempunyai kewenangan untuk paham dan menjalankan aturan.

Sebagai anggota tim harus mengikuti semua ketentuan. Cara membangun tim kerja berbeda-beda, namun goals-nya sama, yaitu mencapai cita-cita. Dengan demikin mudah untuk membentuk teamwork yang sehat.

Baca juga: Pekerja Wajib Tahu! Inilah Pentingnya Memiliki Perlindungan Kerja bagi Karyawan

5. Menghadapi konflik bersama.

Dalam perjalanan, bisa jadi akan menghadapi sebuah konflik. Manfaat kerjasama tim adalah memudahkan dan meringankan pekerjaan.

Selisih paham mungkin saja terjadi dan harus selesai dengan cara terbaik sehingga tidak ada pihak yang merasa rugi.

Cara membangun tim kerja yang sehat cukup mudah selama masing-masing memahami peran dan tanggung jawabnya. Karena itu job desk harus jelas.

Begitu juga apa yang menjadi tujuan bersama baik dalam kelompok maupun perusahaan.

6. Menghadapi konflik bersama

Dalam perjalanan, bisa jadi akan menghadapi sebuah konflik. Manfaat kerjasama tim adalah memudahkan dan meringankan pekerjaan.

Selisih paham mungkin saja terjadi dan harus selesai dengan cara terbaik sehingga tidak ada pihak yang merasa rugi.

Cara membangun tim kerja yang sehat cukup mudah selama masing-masing memahami peran dan tanggung jawabnya. Karena itu job desk harus jelas. Begitu juga apa yang menjadi tujuan bersama baik dalam kelompok maupun perusahaan.

Tinggalkan komentar

Do not miss this experience!

Ask us any questions